Presiden Joko Widodo/Foto: Biro Setpres
Presiden Joko Widodo/Foto: Biro Setpres

ASN Dituntut Adaptif

Nasional ASN
Yogi Bayu Aji • 29 November 2018 10:33
Jakarta: Presiden Joko Widodo menekankan aparat sipil negara (ASN) harus adaptif dengan perkembangan zaman. Mereka tak boleh tertinggal dengan dengan teknologi yang terus disempurnakan.
 
"Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia," kata Jokowi dalam upacara HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Istora Senayan, Jakarta, Kamis, 29 November 2018.
 
Saat ini perkembangan teknologi informasi dan media sosial mempermudah cara kerja birokrasi. Teknologi juga memfasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasinya. Mereka menuntut pelayanan lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Wapres: Pola Kepemimpinan ASN Harus Berubah
 
Mau tidak mau, kata Jokowi, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh. ASN perlu meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas.
 
"ASN harus selalu berpikiran terbuka, terus melakukan inovasi dan menyederhanakan proses kerja. ASN harus memanfaatkan kemajuan teknologi, kemajuan pengetahuan, serta kolaborasi dengan pihak terkait," jelas dia.
 
Kepala Negara meminta ASN di semua lapisan tidak terjebak ego sektoral, ego organisasi, dan ego program. Semua permasalahan di masyarakat bersifat lintas sektoral, bahkan lintas daerah.
 
"Dengan kolaborasi, serta pemanfaatan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), saya yakin ASN bisa bisa mengaktualisasikan baktinya kepada negara, masyarakat, bangsa dan negara," jelas Presiden ke-7 Indonesia itu.
 
Baca: Meningkatkan Integritas ASN demi Tekan Korupsi
 
Jokowi menjelaskan pemerintah akan membangun sumber daya manusia (SDM) setelah empat tahun fokus pada infrastruktur. ASN diminta ikut memperkuat diri agar menjadi agen transformasi penguatan SDM
 
"Dengan peran ASN yang tersebar, saya yakin transformasi kualitas SDM kita bisa berjalan dan akan memberikan hasil positif dalam kemajuan bangsa dan negara, dan kemajuan rakyat kita," ucap Jokowi.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif