Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Intan Yunelia
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Intan Yunelia

Menristekdikti Targetkan 1000 Startup Baru di 2019

Nasional startup
Annisa ayu artanti • 20 Februari 2019 07:56
Surabaya: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan 1.000 perusahaan rintisan (startup) baru di tahun 2019. Perusahaan startup tersebut diharapkan muncul dari kalangan kampus dan masyarakat umum.
 
"Pada tahun 2018 total ada 956 startup, harapannya di tahun 2019 akan lebih dari seribu. Itu target Presiden Joko Widodo," kata Nasir di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur di Surabaya seperti dikutip Antara, Rabu, 20 Februari 2019.
 
Baca: Unicorn Diharapkan Jadi Percontohan bagi Startup

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasir menyontohkan, salah satu startup yang bisa dikembangkan mahasiswa atau dosen adalah sistem pengawetan makanan tanpa bahan kimia. Ia berharap, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPN Veteran Jatim menjadi embrio pendekatan di bidang teknologi informasi, seperti halnya artificial intelligence (AI), cloud computing, big data, dan teknologi cerdas.
 
"Oleh karena itu, FIK adalah embrio yang menghasilkan industri untuk startup," ucapnya.
 
Untuk tercapainya target Presiden Jokowi, lanjut Nasir, ke depan mahasiswa akan didorong untuk dilibatkan dalam proses penelitian dan pengabdian masyarakat. Khususnya penelitian yang bisa menghasilkan inovasi.
 
Nantinya, ide bisa dari dosen, sementara mahasiswa diajak kolaborasi dalam praktik atau uji lapangan. Sehingga mahasiswa bisa menghasilkan tugas akhir, sedangkan dosen menghasilkan publikasi dan inovasi.
 
"Mahasiswa bisa mendapatkan keahlian dalam bidangnya sesuai dengan ilmu yang digeluti," pungkas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif