Jokowi: Kerja Sama Maritim Kunci Kemitraan ASEAN-India

Nur Aivanni 15 November 2018 10:42 WIB
ktt asean
Jokowi: Kerja Sama Maritim Kunci Kemitraan ASEAN-India
Presiden Joko Widodo dalam rangkain KTT ke-33 ASEAN/ANT/Bayu Prasetyo
Singapura: Presiden Joko Widodo menekankan kerja sama maritim harus ditingkatkan baik oleh negara anggota ASEAN maupun negara mitra India. Hal itu penting untuk mewujudkan keamanan maritim sehingga memperkuat pertumbuhan ekonomi, perdamaian, serta stabilitas.

"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim," kata Jokowi, dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit pada rangkaian KTT ke-33 ASEAN di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis, 15 November 2018.

Jokowi yakin upaya tersebut bisa tercapai bila semua negara terkait memperkuat kawasan Indo-Pasifik. Prinsipnya, kerja sama tersebut mengedepankan aspek maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan persaingan.


"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," ucap Presiden ke-7 Indonesia itu.

Jokowi juga memastikan hubunan ASEAN-India semakin erat melalui kerja sama Indo-Pasifik. ASEAN-India akan tumbuh sejahtera dan bisa berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan.

Pertemuan dihadiri kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN. PM India Narendra Modi juga mengadiri langsung acara tersebut.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id