Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa

Pengungsi Bencana Alam Diminta Waspada Penyebaran Covid-19

Nasional cuaca ekstrem Virus Korona bencana alam bencana banjir Satgas Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 23 Februari 2021 21:41
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat mewaspadai penularan covid-19 saat mengungsi dari bencana alam. Apalagi, curah hujan tinggi yang  berpotensi menimbulkan banjir masih terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.
 
“Munculnya pengungsi akibat banjir di tengah pandemi covid-19 menjadi suatu hal yang diantisipasi dengan baik sehingga penularan covid di lokasi pengungsian dapat dicegah,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021.
 
Wiku mengatakan antisipasi penyebaran covid-19 saat mengungsi bisa dilakukan dengan taat protokol kesehatan. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan meningkatkan deteksi dini melalui rapid test antigen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga mereka yang positif dapat segera dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan di daerahnya untuk memperoleh penanganan lebih lanjut,” papar dia.
 
Baca: Anies Sebut Sejumlah Pengungsi Banjir Terpapar Covid-19
 
Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meninjau sejumlah titik banjir. Kemudian membantu pengungsi dan memperbaiki kerusakan akibat bencana tersebut.
 
Wiku berterima kasih kepada tim respons cepat (TRC) yang tersebar di berbagai daerah. Dia berharap TRC terus menyediakan bantuan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan.
 
“Saya paham bencana alam akan membawa tantangan tersendiri, tapi saya berharap kita dapat bergotong royong semaksimal mungkin untuk cegah penularan covid-19,” tutur Wiku.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif