Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Museum Harus Mampu Menjawab Tantangan Kebangsaan Saat Ini

Nasional museum Lestari Moerdijat
Renatha Swasty • 27 Oktober 2020 19:36
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moedijat alias Rerie menyampaikan museum harus hadir sebagai institusi yang mampu mempertahankan entitas budaya dan sejarah bangsa. Museum juga mesti menjawab realita dan tantangan kebangsaan saat ini.
 
"Ada 11.000 jurnal ilmiah di dunia yang mengungkap peran museum terhadap kesadaran sejarah dan budaya bagi masyarakatnya. Jadi secara ilmiah sudah diakui peran museum sangat penting untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan budaya sebuah negara," kata Rerie saat menjadi pembicara kunci pada Focus Group Discussion (FGD) Forum Diskusi Denpasar 12 dan Yayasan Mitra Museum Jakarta serta Museum Sejarah di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Rerie menuturkan museum berperan sangat penting bagi edukasi para pengunjung yang ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia. Museum diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan warga negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peran museum tidak lagi seperti dibayangkan banyak orang, sekadar tempat penyimpanan benda-benda antik, kuno, dan bersejarah, serta arsip-arsip tentang masa silam. Museum juga berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kebangsaan, khususnya tentang wawasan nusantara dan pembangunan kembali karakter bangsa.
 
"Dengan peran seperti itu museum memiliki peran strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar legislator Partai NasDem itu.
 
Museum dapat memainkan peran ke arah peningkatan kehidupan bangsa dan negara yang lebih cerdas, dengan kepribadian dan karakter lebih tangguh. Sehingga dapat memiliki ketahanan nasional dan pandangan dunia komprehensif, serta utuh tentang wawasan kebangsaan.

 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif