Jembatan Teluk Kendari. Foto: Kementerian PUPR
Jembatan Teluk Kendari. Foto: Kementerian PUPR

Jembatan Teluk Kendari Diresmikan Jokowi, Waktu Tempuh Jauh Lebih Singkat

Nasional jokowi jembatan peresmian jembatan
Nur Azizah • 22 Oktober 2020 14:54
Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Teluk Kendari di Sulawesi Tenggara. Jembatan sepanjang 1,35 kilometer ini akan menjadi ikon Kota Kendari.
 
"Alhamdulillah Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1.349 meter atau 1,34 km dengan lebar 20 meter hari ini telah rampung dan selesai," kata Jokowi di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Jembatan ini mulai dibangun pada 2015 dan rampung pada 2020. Total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp804 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yakin lamanya waktu pengerjaan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan masyarakat," ujar Jokowi.
 
Jembatan ini mampu memangkas waktu tempuh masyarakat, khususnya yang tinggal di Kota Lama Kendari. Biasanya, mereka harus menyeberangi teluk Kendari menggunakan kapal ferry sejauh 20 kilometer.
 
"Waktu tempuh dibutuhkan 30 sampai 40 menit, sekarang hanya perlu waktu lima menit," ujar dia.
 
Jokowi yakin jembatan ini dapat bermanfaat untuk pengiriman logistik. Jembatan ini akan menghemat waktu dan biaya pengiriman.
 
"Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas barang, mobilitas jasa, mobilitas manusia semakin efisien, dengan demikian daya saing akan semakin meningkat. Sehingga Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Kendari semakin menarik untuk pengembangan usaha-usaha baru," ujar Jokowi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif