Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemda Harus Aktif Cek Penggunaan Masker Saat Cuti Bersama

Nasional Virus Korona Cuti Bersama
Siti Yona Hukmana • 20 Oktober 2020 03:34
Jakarta: Pemerintah daerah (pemda) diminta aktif mengecek penerapan protokol kesehatan pada cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu hingga Jumat, 28-30 Oktober 2020. Libur panjang ini bisa saja dimanfaatkan masyarakat pergi ke tempat wisata hingga mudik.
 
"Masing-masing pemerintah daerah harus turun ke jalan cek penggunaan masker dan juga di tempat-tempat wisata," kata ahli epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Syahrizal Syarif kepada Medcom.id, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Menurut dia, upaya itu untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) saat liburan ke tempat wisata atau perjalanan ke kampung halaman. Dia menyakini hanya upaya itu yang bisa dilakukan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak bisa secara efektif mencegah penularan, paling mengingatkan protokol kesehatan harus dipatuhi di mana pun berada," ungkap Syahrizal.
 
Baca: Jabar Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober
 
Syahrizal meyakini masyarakat telah memahami pentingnya protokol kesehatan. Pasalnya, virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu sudah menyerang Indonesia lebih kurang delapan bulan.
 
"Wabah kan sudah berlangsung lama, mereka sudah tahu apa yang dilakukan, yang penting justru tempat wisatanya harus cek suhu, wajib pakai masker, dan mengatur pergerakan satu arah," imbuh dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif