Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori

BPIP: Konsensus Nilai-nilai Pancasila Diwujudkan dengan Gerakan Revolusi Mental

Nasional pancasila Virus Korona BPIP
Fachri Audhia Hafiez • 16 November 2020 10:58
Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menganggap nilai-nilai Pancasila perlu dikonsensuskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya, diterapkan dalam gerakan revolusi mental.
 
"Merawat konsensus tentu saja tindakan nyata yang bisa kita lakukan contohnya dengan melaksanakan gerakan revolusi mental," kata Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina dalam webinar bertajuk 'Aktualisasi Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa Dalam Merawat Kebhinnekaan di Masyarakat', Senin, 16 November 2020.
 
Menurut Rima, gerakan revolusi mental perlu didorong di tengah pandemi virus korona. Masyarakat perlu optimistis Indonesia bisa bebas dari pandemi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kebijakan Pemerintah Memengaruhi Nilai Pancasila dalam Pemuda
 
Misalnya, saling menjaga agar menghentikan penyebaran virus covid-19. Kemudian, konsisten menerapkan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun.
 
"Di tengah pandemi kita semua tetap kreatif tetap optimistis, artinya kita juga melaksanakan kegiatan sebagai gerakan revolusi mental Indonesia mandiri," ujar Rima.
 
Saling gotong royong untuk mencegah penyebaran virus korona sebagai bagian aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Konsensus harus terus dibangun untuk merawat keutuhan berbangsa bernegara.
 
"Kita tetap bergotong-royong tetap memiliki konsensus merawat kebersamaan sebagai satu bangsa negara kesatuan republik Indonesia itu adalah wujud daripada Indonesia bersatu," ucap Rima.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif