Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Dok BNPB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Dok BNPB

Satgas: Jangan Anggap Vaksin Buat Covid-19 Langsung Hilang

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 protokol kesehatan Satgas Covid-19
Candra Yuri Nuralam • 06 Januari 2021 13:22
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan walau program vaksinasi segera berjalan. Pandemi covid-19 tak langsung hilang saat vaksinasi dimulai.
 
"Jangan sampai nantinya membuat masyarakat menganggap setelah ada vaksin, itu semuanya akan selesai, tidak. Vaksin tidak akan bisa membuat orang yang tidak divaksin luput dari covid-19," tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Vaksinasi pertama berlangsung pada 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi orang pertama yang disuntik vaksin, lalu dilanjutkan secara serentak ke seluruh Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat diminta bersabar. Meski dimulai serentak, vaksin tidak langsung bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia di saat bersamaan. Vaksinasi massal untuk virus covid-19 membutuhkan waktu dan stok vaksin yang besar.
 
"Kita lihat jumlah penduduk Indonesia 269-270 juta orang, tidak mungkin divaksin dalam waktu yang bersamaan. (Vaksinasi) butuh waktu," tutur Doni.
 
Baca: Satgas: Vaksin Lebih Efektif Jika Kasus Terkendali
 
Doni menyebut pemerintah berusaha memperbanyak stok vaksin agar vaksinasi terus berjalan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus berusaha memperoleh vaksin dari perusahaan global dan menginstruksikan industri domestik bekerja cepat.
 
Vaksin akan diutamakan untuk orang berumur 18 sampai 59 tahun. Masyarakat usia di atas 60 tahun harus menunggu informasi keamanan dan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
Doni mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. "Yakni, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif