Pesawat Sriwijaya Air. Foto: MI
Pesawat Sriwijaya Air. Foto: MI

TNI AU Kirim Helikopter dan Pesawat Tanpa Awak Cari Sriwijaya Air

Nasional pesawat hilang pesawat jatuh sriwijaya air
Cindy • 09 Januari 2021 20:00
Jakarta: TNI Angkatan Udara (AU) menyiagakan helikopter dan pesawat fixed wing (tanpa awak) untuk mendukung pencarian dan pertolongan (SAR) pesawat Sriwijaya Air SJY 182 rute Jakarta-Pontianak. Pesawat itu diduga hilang kontak di sekitar Pulau Kaki, Kepulauan Seribu.
 
"Sesuai instruksi Panglima TNI (Marsekal TNI Hadi Tjahjanto), TNI AU telah menyiagakan helikopter dan pesawat fixed wing," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Marsma Indan Gilang B, lewat keterangan tertulis, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Sebanyak dua helikopter disiagakan di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat. Heli itu  terdiri dari Super Puma NAS-332 Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Temuan Serpihan di Perairan Laki Masih Diselidiki
 
"(Helikopter ditumpangi) personel SAR dari  Korpaskhas (Korps Pasukan Khas) telah disiagakan," ucap Indan.
 
Sebanyak dua pesawat fixed wing turut disiapkan. Pesawat itu terdiri dari Boeing 737 Intai Maritim Skadron Udara 5 di Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, dan pesawat fixed wing CN-295 Skadron Udara 2 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJY 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.39 WIB. Pesawat itu bernomor registrasi PK CLC dengan jenis Boeing 737-500. 
 
Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tepatnya di sekitar Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki.
 
Informasi yang didapat Metro TV, pesawat itu mengangkut 59 orang. Mereka terdiri dari 53 orang dewasa, lima anak-anak, dan satu bayi. Maskapai Sriwijaya Air masih menghubungi berbagai pihak untuk mencari informasi lengkap mengenai insiden ini.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif