NEWSTICKER
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Gugus Tugas: Korona Musuh Bersama

Nasional Virus Korona
Zaenal Arifin • 16 Maret 2020 23:39
Jakarta: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo meminta kerja sama publik untuk mencegah penyebaran covid-19. Penyakit dengan gejala flu dan demam ini hanya bisa diberantas dengan dukungan masyarakat.
 
"Sekarang ini musuh bersama kita adalah virus dan virusnya tidak kelihatan, tetapi dirasakan," kata Doni Monardo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin, 16 Maret 2020.
 
Kepala BNPB itu mengharapkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan informasi yang benar terkait virus korona demi mencerdaskan publik. Hal ini seusai dengan amanat Pasal 27 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 soal kewajiban warga membela negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kesadaran ini tidak muncul, pemerintah baik pusat maupun daerah serta aparat-aparat lain sudah bekerja semaksimal mungkin, tetapi masyarakat tidak mengindahkan aturan-aturan tentang larangan untuk berkumpul dengan jumlah tertentu, dan dapat membahayakan satu sama lainnya," jelas Doni.
 
Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu menjelaskan meski persentase kematiannya hanya 3,6 persen, covid-19 sangat merugikan. Untuk itu, penyebaran informasi akurat diperlukan demi mencegah virus yang pertama kali muncul di Tiongkok itu.
 
"Saya mengharapkan bantuan dari seluruh komponen masyarakat terutama media, khususnya kawan-kawan yang sering memanfaatkan media sosial," jelas dia.
 
Gugus Tugas: Korona Musuh Bersama
Grafis Medcom.id
 
Baca: Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah
 
Sementara itu, total pasien positif korona di Indonesia per Senin, 16 Maret 2020, menjadi 134 orang. Ada penambahan 17 pasien baru dari sebelumnya hanya 117 pada Minggu, 15 Maret 2020.
 
Juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus korona Achmad Yurianto menjelaskan 17 pasien baru positif korona tersebar di sejumlah daerah. Pasien baru paling banyak berasal dari DKI Jakarta.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif