Ilustrasi BPOM RI. MI/Ricky Julian
Ilustrasi BPOM RI. MI/Ricky Julian

Laboratorium Biohazard BPOM Siap Uji Covid-19

Nasional bpom
Sri Yanti Nainggolan • 20 Mei 2020 14:53
Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meresmikan laboratorium biohazard di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020. Laboratorium tersebut bernama Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN).
 
Laboratorium tersebut merupakan laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2). Ini merupakan standar laboratorium yang kegiatan pengujiannya berhubungan dengan organisme penyebab penyakit pada manusia dengan tingkat bahaya sedang (moderate), salah satunya covid-19 (korona).
 
"Tentunya laboratorium adalah salah satu prasarana pendukung yang penting di BPOM sehingga kami bisa berfungsi optimal dan berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa kita," ujar Kepala BPOM Penny K Lukito saat peresmian laboratorium biohazard di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penny menyebut laboratorium tak hanya menguji covid-19. Laboratorium bisa dimanfaatkan untuk produk lain. Misalnya, obat dan produk biologi yang bersifat karsinogenik/mutagenik/teratogenik yang memerlukan fasilitas khusus.
 
"Dan di saat pandemi ini, kami terus melakukan langkah-langkah pengujian deteksi dengan swab. Saya kira ini akan menjadi pilot, inspirasi, dari langkah-langkah laboratorium BSL-2 di beberapa regional," terang dia.
 
Dia menyebut pihaknya telah mengoperasikan lima laboratorium yaitu Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) serta empat di Balai Besar/Balai POM yang tersebar di Gorontalo, Makassar, Jayapura, dan Ambon.
 
(Baca: Antivirus Covid-19 Buatan Kementan Tunggu Izin BPOM)
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif