Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy,. Foto:Antara/Widodo S Jusuf
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy,. Foto:Antara/Widodo S Jusuf

Pemerintah Jamin Keberlanjutan Pendidikan Mahasiswa dari Tiongkok

Nasional Virus Korona evakuasi wni virus corona
MetroTV • 15 Februari 2020 12:53
Natuna: Sebanyak 285 Warga Negara Indonesia (WNI) yang diobservasi di Natuna, akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Pemerintah menjamin keberlanjutan pendidikan dari sebagian besar WNI yang merupakan mahasiswa.
 
"Kita jamin mereka berlanjut (beasiswa) asalkan studinya resmi," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat konferensi pers di lokasi observasi di Natuna, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Namun, dia tak mau memerinci detail jaminan ini. Sebab yang terpenting memastikan 285 WNI kembali ke daerah dengan selamat. Baru setelah itu masalah beasiswa akan dibicarakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Jamin Keberlanjutan Pendidikan Mahasiswa dari Tiongkok
Para WNI yang dikarantina di Natuna. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
 
"Biar tenang dulu sosialisasi dulu baru kita bicarakan, terutama mahasiswa. Apakah akan kembali ke tempat mereka," kata Muhadjir.
 
Dia memberikan gambaran awal mengenai keberlanjutan pendidikan. Pertama yakni mendata program studi para mahasiswa. Jika ada prodi serupa di Indonesia, maka pendidikan bisa dilanjutkan di tanah air.
 
"Sepanjang studi sesuai, masalah beasiswa akan kita bicarakan," kata Muhadjir.
 
Opsi selanjutnya yakni menunggu wabah korona usai. Namun hal tersebut masih dibicarakan lebih lanjut. Para WNI akan diterbangkan dari Lanud Raden Sadjad Natuna ke Base Ops Halim Perdanakusuma hari ini.
 
Sebanyak 285 orang yang bakal dipulangkan terdiri dari 238 WNI yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok, 1 WNA (suami dari WNI), 5 anggota tim pendahulu KBRI Beijing. Sisanya 42 orang yakni dari tim penjemput termasuk kru pesawat dan petugas kesehatan.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif