Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam

Wapres: Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Papua Rampung Akhir 2021

Nasional kemiskinan Papua Wapres maruf amin Kemiskinan Ekstrem Kemiskinan Ekstrem di Desa
Indriyani Astuti • 17 Oktober 2021 00:06
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten prioritas di Papua, dapat ditanggulangi pada 2021. Lima kabupaten itu adalah Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, dan Deiyai.
 
Ia menyampaikan anggaran bukan masalah utama dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem. Namun, upaya ini memiliki tantangan besar, yakni membuat program-program tersebut konvergen dan terintegrasi dalam menyasar sasaran yang sama.
 
"Gubernur dan seluruh bupati wilayah prioritas tahun 2021 di Papua untuk dapat bekerja keras memastikan agar seluruh rumah tangga miskin ekstrem mendapatkan seluruh program, baik program pengurangan beban pengeluaran maupun program pemberdayaan," ujar Ma'ruf dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kesempatan itu, Wapres meminta gubernur dan bupati memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Provinsi Papua satu dari tujuh provinsi prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem tahun 2021 selain Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku dan Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Total penduduk miskin ekstrem di lima wilayah Papua, mencapai 196.120 jiwa dengan total jumlah rumah tangga miskin ekstrem 89.500 RT. Jumlah tersebar berada di Kabupaten Jayawijaya dengan tingkat kemiskinan ekstrem 30,84 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem 67.720 jiwa.
 
Baca: Pemerintah Fokus Berantas Kemiskinan Ekstrem
 
Lalu, Kabupaten Puncak Jaya dengan tingkat kemiskinan ekstrem 26,53 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem 35.180. Kabupaten Lanny Jaya dengan tingkat kemiskinan ekstrem 30,52 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem 54.920 jiwa.
 
Selanjutnya, Kabupaten Mamberamo Tengah dengan tingkat kemiskinan ekstrem 29,19 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem 14.200 jiwa. Terakhir, Kabupaten Deiyai dengan tingkat kemiskinan ekstrem 32,48 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem 24.100 jiwa.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif