Sampah pascabanjir terhampar di sepanjang jalan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu, 12 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Sampah pascabanjir terhampar di sepanjang jalan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu, 12 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Publik Diminta Bijak Soal Sampah

Nasional banjir jakarta
Juven Martua Sitompul • 15 Januari 2020 21:26
Jakarta: Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mengajak publik aktif menjaga lingkungan tetap bersih, khususnya dari sampah. Hal ini demi mencegah bencana seperti banjir.
 
“Ini dalam rangka menindaklanjuti program pemerintah yaitu Indonesia bersih kemudian juga musimnya musim hujan tepat kalau kita melakukan peduli masalah lingkungan ini,” kata Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Istiono saat merilis program peduli lingkungan bersihdi Gedung NTMC, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Untuk menyukseskan program ini, Korlantas menggandeng Bank Rakyat Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup, Bank Sampah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fokus pada lingkungan. Korlantas pun mendapat hibah 80 set bak sampah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bak-bak sampah itu akan disebar di area perkantoran Polri, khususnya lingkungan sekitar Korlantas Polri. Perumahan dinas Polri juga menerima fasilitas ini.
 
“Masalah utama selain penanaman pohon kita lakukan program lingkungan bersih masalah sampah. Dan hari ini kita lakukan peduli lingkungan di Korlantas masalah sampah,” kata Istiono.
 
Istiono menilai budaya untuk memilah sampah harus digelorakan, baik di masyarakat maupun anggota Polri. Pasalnya, masyarakat belum terbiasa untuk memilah sampah yang baik dan bermanfaat.
 
Jenderal bintang dua ini menyebut pemilihan sampah dibagi menjadi tiga jenis, salah satunya sampah organik yang mudah terurai dan bisa menjadi pupuk kompos. Selain itu, ada pula sampah anorganik yang sulit terurai, tetapi bisa didaur ulang dan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3).
 
“Budaya memilah sampah harus digelorakan sehingga sampah menjadi bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. Peluang pemanfaatan sampah terbuka lebar, terutama jika dipilah sejak dari rumah tangga,” ucap dia.
 
Publik Diminta Bijak Soal Sampah
Kegiatan peduli lingkungan Korlantas Polri. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul
 
Korlantas juga akan memprioritaskan penanaman bibit pohon di ruas-ruas tol baru. Kegiatan penghijauan ini bertujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global, mengurangi polusi udara dan meningkatkan penyerapan air untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor.
 
“Besok hari Jumat dilakukan penanaman pohon di jalan tol kita pilih di ruas Cipali. Sebanyak 2.000 pohon jenis pohon keras bisa menyerap air dan kuatkan tanah,” pungkas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif