Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani

Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot

Nasional bendungan
Damar Iradat • 20 Mei 2019 12:58
Belu: Presiden Joko Widodo diagendakan meresmikan Bendungan Rotiklot di Kakuluk Mesak, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 20 Mei 2019. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sekitar 3,2 juta meter kubik.
 
Bendungan Rotiklot merupakan satu dari tujuh bendungan di NTT. Proyek ini menjadi salah satu program pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla untuk meningkatkan ketahanan pangan di provinsi berbasis kepulauan itu.
 
Bendungan ini diyakini akan bermanfaat bagi penyediaan air untuk lahan sawah seluas 139 hektare dan 500 hektare untuk tanaman palawija. Selain itu, bendungan juga berfungsi sebagai pengendalian banjir di daerah hilir Ainiba serta mampu menyuplai air baku untuk masyarakat di sekitar Pelabuhan Atapupu sebesar 40 liter per detik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Infrastruktur ini juga dinilai mampu menjadi lokasi wisata baru bagi masyarakat di Kabupaten Belu dan sekitarnya. Jarak tempuh dari Kota Atambua menuju ke Bendungan Rotiklot mencapai kurang lebih delapan kilometer.
 
Baca: Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar
 
Lokasi Bendungan Rotiklot yang sangat strategis diharap bisa dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu untuk dikembangkan. Untuk menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata, Pemkab diminta bisa berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai NTT II untuk mendesain bagaimana kawasan itu ditata.
 
Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur hari ini. Ia berangkat dari Jakarta sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah 2,5 jam perjalanan menggunakan pesawat kepresidenan, ia tiba di Kupang sekitar pukul 12.00 Wita.
 
Setibanya di Bandara El Tari, ia melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat CN295 ke wilayah Belu. Jokowi dan rombongan tiba di Bandara AA Bere Tallo sekitar pukul 13.30 WIB. Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat tampak langsung menyambut presiden. Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Staf Khusus Presiden Teten Masduki.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif