Wakil Presiden Jusuf kalla di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Wakil Presiden Jusuf kalla di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Kalla Ingin Masjid Perkuat Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Nasional masjid
M Sholahadhin Azhar • 17 Juli 2019 11:34
Jakarta: Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla ingin masjid meningkatan kualitasnya. Implementasi Islam rahmatan lil 'alamin harus diperkuat.
 
"Kita tak menambah ilmu, tapi menambah pemahaman tentang Islam rahmatan lil 'alamin," kata Kalla di Hotel Grand Sahid, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Menurut dia, saat ini dari segi kuantitas, masjid sudah meningkat pesat dengan sebaran 800 ribu masjid di Indonesia. Untuk itu, para khatib perlu dilatih memperdalam ilmu Islam rahmatan lil 'alamin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelatihan diperlukan supaya semua unsur penceramah ini punya satu sikap menjaga Islam untuk terus menjadi rahmat bagi alam semesta. Islam rahmatan lil 'alamin, kata dia, adalah ajaran yang mencerminkan Indonesia seutuhnya.
 
Wakil Presiden itu menekankan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim yang penuh toleransi. "Jadi kita bukan hanya bangga dari segi jumlah masjid," beber Kalla.
 
Kalla menyebut pelatihan khatib adalah bagian dari peningkatan pelayanan. Selain menyatukan sikap soal Islam rahmatan lil 'alamin, DMI juga menerjunkan 120 mobil operasional dan 500 teknisi.
 
Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menyebut kelengkapan ini untuk menunjang sound system rumah ibadah. Pasalnya, 80 persen dari kegiatan masjid menggunakan peralatan tersebut.
 
Baca: Tujuh Masjid Paling Kuno di Dunia
 
"Begitu sound system salah, 80 persen materi hilang," kata dia.
 
Kalla menegaskan DMI bertugas untuk meningkatkan ibadah masyarakat. Hal ini tak hanya terkait ibadah fardu, tapi juga sosial, yakni memperbaiki fasilitas masjid dengan kerja sama seluruh masyarakat.
 
Dia berharap citra masjid terus terangkat. Seluruh masyarakat Indonesia pun tak hanya bangga soal jumlah masjid. "Tapi juga bangga karena dapat melayani masyarakat muslim," ujar Kalla.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif