Petugas melayani warga yang ingin ber-KB lewat program KB keliling di Tangsel, Selasa (24/11/2015).MTVN/Lukman Diah Sari
Petugas melayani warga yang ingin ber-KB lewat program KB keliling di Tangsel, Selasa (24/11/2015).MTVN/Lukman Diah Sari

Warga Tangsel Diklaim Mulai Sadar KB

Nasional tangerang selatan
Lukman Diah Sari • 24 November 2015 15:42
medcom.id, Tangerang Selatan: Program Keluarga Berencana (KB) dengan mobil keliling yang digagas Pemerintah Kota Tangerang Selatan, berbuah manis. Warga Tangsel, mulai melek dan sadar KB.
 
"Banyak warga mulai sadar mengatur kelahiran," kata Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Kesehatan Reproduksi Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan KB Tangsel Yuni Lia Astuti di Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangsel, Selasa (24/11/2015).
 
Yuni mengatakan, sebelum ada layanan KB keliling banyak warga Tangsel, khususnya golongan prasejahtera, tak peduli program KB dan manfaatnya. "Kini mereka terbantu dengan jarak kehamilan dan melahirkan," ujar Yuni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yuni, pelayanan KB keliling dilaksanakan dua kali dalam satu bulan di setiap kelurahan dan kecamatan. Tergantung permintaan warga. "Kita jemput bola," ujar Yuni.
 
Yuni mengatakan, ada 75 petugas Lapangan Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB). Mereka juga punya kader di setiap pos KB. Nah, para kader inilah yang digerakan mencari akseptor atau pengguna KB. Juga memberikan penyuluhan dan edukasi tentang program KB.
 
Bidang Pelayanan KB Tangsel menargetkan bisa menjaring 30 akseptor dari satu kelurahan setiap bulan. Tangsel sendiri memiliki 54 Kelurahan.
 

(ICH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif