21 Telepon Satelit Tambahan Dikirim ke Lombok
Ilustrasi area pengungsian akibat gempa Lombok/MI/Ramdani
Jakarta: Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirim 21 unit telepon satelit tambahan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pengiriman telepon satelit dilakukan bertahap.  

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, 11 telepon satelit dikirimkan ke Lombok hari ini. Sedangkan 10 unit sisanya dikirim pada Rabu, 15 Agustus 2018.

BAKTI juga telah menambah 2 unit VSAT Portable dan dua akses internet kabel fiber untuk digunakan dalam penanganan bencana gempa bumi.  Dua unit VSAT dipasang di Posko Kantor Lurah Lingsar dan Posko Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) di Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan akses internet kabel fiber digunakan di media center dan Posko Loloan Kecamatan Bayan.


Baca: BNPB: 606 Sekolah di NTB dan Bali Rusak Akibat Gempa

Sebelumnya, SAT Portable disediakan BAKTI Kominfo di Posko Madayin, Sembalun, BNPB Lombok Utara, Kantor Bupati Lombok Utara, Desa Mentareng, Desa Obel-Obel, Sankareang, Sambik Elen, Bayan dan Desa Pamenang masih bisa beroperasi dan digunakan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana.

Hingga Minggu, 12 Agustus, terdapat 109 base station  yang belum bisa digunakan akibat sejumlah gempa bumi susulan di Lombok, NTB. Pemulihan base station terdampak gempa masih terkendala pasokan listrik PLN dan hambatan distribusi BBM untuk genset.

Base station di Gili Meno sudah bisa digunakan kembali setelah dilakukan penggantian receiver modul.  Di Bayan dan Sembalun Lombok Utara, base station kembali bisa digunakan setelah didukung pasokan listrik dari genset portabel yang disiapkan oleh operator telekomunikasi.

Upaya perbaikan base station ke beberapa daerah terdampak relatif parah karena gempa bumi, belum bisa dilakukan karena pertimbangan keselamatan dan keamanan yang ditetapkan pihak berwenang.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id