Polisi Tangkap Tujuh Penyelundup Sabu
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap tujuh penyelundup narkoba jaringan Pontianak-Jakarta-Surabaya. EM, SA, NR, HM, IT, M dan H ditangkap saat membawa sabu di dalam hak sandal yang dimodifikasi.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, dari penangkapan tersebut polisi menyita tiga kilogram sabu.
 
"Dalam satu pasang sendal pelaku mengisinya 500 gram sabu," kata Argo di gedung Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juni 2018.
 
Argo menjelaskan, para pelaku ditangkap di tempat berbeda dalam kurun waktu 29 Mei 2018 hingga 2 Juni 2018.

Baca: BNN Pastikan Operasi Narkotika Ditingkatkan Jelang Idulfitri

Satu di antaranya, yakni H terpaksa ditembak karena melawan saat ditangkap. Para pelaku sebagian besar berusia paruh baya agar tidak mudah dicurigai petugas.
 
"Jadi narkoba itu dikirim via pesawat dari Pontianak ke Jakarta, modusnya narkoba itu dimasukan ke dalam sandal yang sudah dimodifikasi oleh ibu-ibu paruh baya," jelas Argo.
 
Dari sejumlah pelaku, lanjut Argo, ada seorang ibu yang sudah sembilan kali melakukan pengiriman sabu. "Tiap melakukan pengiriman, dia diberi upah Rp6 juta," kata Argo.
 
Argo menerangkan, para pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.




(FZN)