Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Pergub Anies Belum Mampu Meminimalisasi Dampak Bencana

Nasional banjir jakarta bencana banjir Jakarta Banjir
Sri Yanti Nainggolan • 06 Januari 2020 15:18
Jakarta: Peraturan gubernur (Pergub) yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai belum mampu meminimalisasi dampak bencana banjir. Meski mengatur penanganan bencana, kenyataannya impelementasi Pergub tidak dilakukan.
 
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi mengatakan,Pergub Nomor 143 Tahun 2015 tentang Rencana Penanggulangan Bencana Daerah Tahun 2014-2019 tak mampu meminimalisasi korban jiwa. Pergub mencakup rentang waktu, pemetaan wilayah bencana, dan upaya pengendalian bencana.
 
Selain itu, ada Pergub Nomor 30 Tahun 2016 tentang Rencana Kontijensi Penanggulangan Bencana Banjir. Pergub mengatur tentang tugas satuan kerja (satker) penanganan bencana, termasuk respons tanggap darurat. Faktanya, hal itu tak dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak warga tak tahu harus bagaimana kalau sudah siaga 4, 3, 2, 1. Banjir harus tinggal di mana?," kataTubagus di Kantor LBH Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.
 
Tubagus tak memungkiri banyak posko mandiri didirikan di area bencana. Namun, bukan berartitanggung jawab pemerintahtak ada.
 
"Itu tanggung jawab mutlak (pemerintah), tak bisa gugur. Upaya ini yang banyak tak dilakukan," ujar dia.
 
Tubagus juga menyoroti program antisipasi banjir di Jakarta. Dia menyebut naturalisasi sungai sudah dilakukan komunitas masyarakat di Ciliwung. Namun hingga kini belum ada tindakan nyata dari Pemerintah DKI terkait naturalisasi Ciliwung.
 
"Padahal tantangan naturalisasi adalah wilayah mana saja yang akan dinaturalisasi. Apalagi, naturalisasi pendekatannya identik dengan penggusuran," papar Tubagus
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif