Menaker M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)
Menaker M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)

Tata Cara Pengaduan ke Posko THR Kemenaker

Nasional berita kemenaker
Gervin Nathaniel Purba • 23 Mei 2019 07:06
Jakarta: Pekerja yang bermasalah terkait tunjangan hari raya (THR) diimbau segera melapor ke Posko Pengaduan THR 2019 di kantor pusat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Posko beroperasi pada 20 Mei hingga 10 Juni.
 
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menjelaskan perihal tata cara pengaduan. Prosedur dimulai dari laporan aduan pekerja dengan mendatangi Posko Pengaduan THR yang berlokasi di Pusat Layanan Terpadu Satu atap (PTSA), Gedung B lantai 1, Kantor Pusat Kemenaker, Jakarta Selatan.
 
Semua aduan akan diyalani di tempat itu. Selain memberikan aduan, pekerja juga bisa berkonsultasi dengan para petugas posko. Yang patut digarisbawahi, untuk melengkapi aduan pekerja wajib membawa kartu identitas diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap aduan akan ditindaklanjuti. Kemenaker akan mengkaji terlebih dahulu masalah dari pekerja yang melapor untuk menentukan solusinya.
 
"Kalau ada yang mengadu, kami perjelas dahulu masalahnya. Nanti kami tentukan siapa yang menangani. Apakah pengawas langung atau mediator. Nanti ada pembagian tugasnya," ujar Menaker Hanif, di Jakarta, baru-baru ini.
 
Hanif memastikan semua laporan akan diproses dan ditindaklanjuti. Sebab, THR merupakan hak bagi setiap pekerja. "Pokoknya kami akan bantu masalahnya. Asalkan melapor dahulu," kata Hanif.
 
Posko Pengaduan THR 2019 beroperasi pada pukul 08.00-15.30 WIB. Pada hari libur buka pukul 09.00-15.30 WIB. Posko Pengaduan THR juga tersedia di berbagai dinas tenaga kerja di setiap provinsi.
 
Selain mendatangi Posko Pengaduan THR 2019, masyarakat juga bisa melapor melalui telepon (021) 526 0488, Whatsapp 0812 1257 6261 (pelayanan konsultasi), 0813 1038 0973 (penegakan konsultasi), email poskothr@kmnaker.go.id, atau @link aduan http.bit.ly/pengaduanTHR.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif