Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot, di Belu, Nusa Tenggara Timur. Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot, di Belu, Nusa Tenggara Timur. Medcom.id/Damar Iradat.

Jokowi Berharap Bendungan Rotiklot Bisa Dimanfaatkan Warga

Nasional bendungan presiden jokowi
Damar Iradat • 20 Mei 2019 19:43
Belu: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Rotiklot, di Belu, Nusa Tenggara Timur. Ia berharap, keberadaan bendungan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
 
"Saya harapkan Bendungan Rotiklot yang dibangun dalam tiga tahun ini manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat Belu dan daerah sekitarnya," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Rotiklot, Senin, 20 Mei 2019.
 
Jokowi mengatakan, manfaat bendungan ini harus mampu dirasakan manfaatnya dalam kurun waktu 50 hingga 100 tahun ke depan. Menurut Jokowi, bendungan ini bisa mengairi lahan sekitar 139 hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, bendungan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan tempat wisata. Bendungan diharapkan pula bisa untuk menjadi air baku seluruh penduduk di kabupaten Belu.
 
Bendungan Rotiklot merupakan satu dari tujuh bendungan yang dibangun pemerintahan Jokowi. Selain Bendungan Rotiklot, Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang juga sudah rampung dibangun.
 
Sementara itu, lima bendungan lainnya yakni Welikis, Temef, Manikin, Napun Gate, dan Mbay masih dalam tahap proses pembangunan. Namun, ia berharap, bendungan-bendungan ini juga bisa segera dirampungkan. "Dan juga kita harapkan nanti bendungan-bendungan yang lain segera diselesaikan oleh Menteri PU (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono)," ujarnya.
 
Jokowi menegaskan, pembangunan sejumlah bendungan di NTT sangat penting. Jokowi yakin, salah satu kunci mencapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat NTT yakni ketersediaan air yang cukup.
 
"Tanpa ada yang namanya air, lupakan, kuncinya hanya satu di sini adalah air. Oleh sebab itu kalau di provinsi lain dibangun satu bendungan, di sini tujuh waduk, tujuh bendungan," tegas Jokowi.
 
Dengan ketersediaan air yang cukup, masyarakat yang tadinya satu tahun hanya sekali panen bisa menjadi dua sampai tiga kali panen. Bahkan saat musim kemarau, masyarakat juga bisa menanam semangka hingga melon, selain padi dan jagung. "Rumusnya memang itu. Kalau ada airnya maka kita berpikir apa yang akan ditanam, step by step kita mencari agar kesejahteraan, kemakmuran betul-betul bisa kita raih bersama-sama," ujarnya.
 
Dalam peresmian itu, Jokowi turut didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Kemudian Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, dan Bupati Belu juga ikut hadir.
 
Jokowi dan rombongan juga menebar benih ikan di Bendungan Rotiklot. Dalam kesempatan itu, Jokowi secara simbolis juga menanam pohon di sekitar bendungan.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif