Aktivis HAM Era Purnamasari (paling kanan). Foto: Sri Yanti Nainggolan/Medcom.id
Aktivis HAM Era Purnamasari (paling kanan). Foto: Sri Yanti Nainggolan/Medcom.id

Aktivis HAM Melaporkan Media Agregator

Nasional hoax
Sri Yanti Nainggolan • 14 Agustus 2019 16:19
Jakarta: Wakil Ketua Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Era Purnamasari melaporkan news agregator, Babe, ke Dewan Pers. Era merasa difitnah dengan beberapa artikel yang muncul di media agregator tersebut.
 
Kelima artikel itu tayang sehari pascapublikasi laporan investigasi YLBHI terkait pelanggaran HAM oleh kepolisian dan TNI terhadap Kelompok Tani SMB di Jambi. Laporan investigasi tersebut keluar pada 5 Agustus 2019.
 
"Ada dua tujuan dalam serangan ini, pertama meruntuhkan moral saya. Kedua mencoba membangun ketidakpercayaan pada masyarakat SMB Jambi dan YLBHI. (Caranya dengan) pelintir pernyataan saya atau YLBHI," kata Era di Kantor YLBHI, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Era menjelaskan fitnah yang dilancarkan media agregator tersebut ialah perselingkuhan antara Era dan petinggi daerah. Media tersebut juga memalsukan pemberitaan dengan menyebut komunitas SMB Jambi melakukan kekerasan kepada anggota kepolisian dan TNI. "Padahal yang terjadi sebaliknya," ucap Era.
 
Era mengatakan pihak YLBHI telah menelusuri kebenaran perselingkuhan tersebut, dan tidak terbukti. Kasus perselingkuhan pejabat daerah di Jambi memang pernah terjadi pada 2016. Namun, oknum yang diduga berselingkuh bernama Eva, bukan Era. Berita tersebut pun sudah tak bisa diakses.
 
YLBHI melaporkan kasus pemberitaan fitnah itu ke Dewan Pers pada 9 Agustus 2019. Tujuannya, mengetahui status Babe sebagai media atau bukan. Setelah itu, YLBHI baru memikirkan tindakan selanjutnya.
 
Perwakilan dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Ronald M Siahaan mengaku sangat menyayangkan adanya fitnah tersebut. Menurut dia, fitnah ini merupakan perbuatan yang memalukan.
 
"Kami keberatan jika (ada) penyerangan pada YLBHI, gudang lawyer yang mengabdikan hidup pada nilai-nilai kemanusiaan," kata dia.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif