Sejumlah pelajar ikut aksi di depan gedung DPR/MPR. Foto: ANT
Sejumlah pelajar ikut aksi di depan gedung DPR/MPR. Foto: ANT

Siswa DKI Wajib Absen Pagi dan Siang

Nasional pelajar
Kautsar Widya Prabowo • 30 September 2019 15:08
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan presensi pagi dan siang hari bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sekolah menengah akhir (SMA). Peraturan tersebut mengantisipasi pelajar bolos untuk berunjuk rasa di depan gedung DPR/MPR.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan peraturan itu diterapkan hari ini, 30 September 2019. Peserta didik diminta tidak meninggalkan kegiatan belajar mengajar.
 
"Kita ingin memastikan setiap anak menjalankan kegiatan belajar mengajar hingga tuntas di sekolahnya," ujar Anies di halaman Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies meminta kepala sekolah memastikan peserta didik mengikuti kegiatan belajar.Kepala sekolah harus melapor ke orang tua jika siswa tidak masuk kelas.
 
"Anak adalah peserta didik yang harus dikelola bersama antara orang tua dan sekolah, itu sebabnya ada absensi pagi dan siang," jelasnya.
 
Rabu, 25 September, polisi menghalau pelajar SMK yang berada di sekitar Kompleks Parlemen, Senayan. Mereka diduga berniat ikut demo di depan Gedung DPR.
 
"Tadi saya lakukan penggeledahan hampir 80 anak bersegaram SMA dan pramuka," kata Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 25 September 2019.
 
Menurut dia, pelajar itu berasal dari Depok, Tangerang Selatan, Banten dan Lebak Bulus. Mereka kepergok petugas di sebelah Restoran Pulau Dua, Jalan Gerbang Pemuda.
 
Meski begitu, polisi tidak menindak para pelajar itu. Mereka hanya diarahkan untuk kembali ke rumahnya.
 
"Karena orang tuanya tidak tahu dan yang bersangkutan tidak masuk sekolah," pungkas Nasir.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif