Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa

Penangguhan Uji Klinis Vaksin Sinovac di Brasil Jadi Evaluasi Indonesia

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 12 November 2020 21:05
Jakarta: Penangguhan uji coba vaksin covid-19 asal perusahaan Sinovac, Tiongkok, di Brasil menjadi evaluasi bagi pemerintah Indonesia. Pemerintah akan terus memantau perkembangan uji klinis vaksin Sinovac yang berlangsung di dalam dan luar negeri.
 
“Berbagai temuan di Brasil dalam uji klinis jadi masukan dan evaluasi pengembangan vaksin di dalam negeri,” kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Kamis, 12 November 2020.
 
Wiku mengatakan belum ada keluhan khusus soal hasil uji vaksin Sinovac di Indonesia. Pemerintah berkomitmen memproduksi vaksin dengan aman dan efektif. Sehingga, vaksin dapat diproduksi setelah lolos uji klinis tahap tiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan, dapat EUA (Emergency Use Authorization, persetujuan penggunaan darurat) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujar dia.
 
Baca: Demi Keamanan, Masyarakat Diminta Sabar Menanti Vaksin Covid-19
 
Regulator kesehatan Brasil menangguhkan uji klinis tahap ketiga vaksin Sinovac buatan perusahaan farmasi Tiongkok. Ini menjadi peristiwa merugikan yang mengejutkan penyelenggara uji coba.
 
Penangguhan uji klinis ini disebabkan adanya kematian. Namun, menurut pihak penyelenggara uji coba, kematian tersebut tidak terkait dengan vaksin.
 
"Kami memutuskan untuk menghentikan studi klinis vaksin setelah insiden merugikan yang serius yang melibatkan penerima sukarelawan pada 29 Oktober lalu," kata regulator Brasil, Anvisa, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 10 November 2020.
 
Selain di Brasil, uji klinis fase ketiga vaksin Sinovac dilakukan di Turki dan Indonesia. Bio Farma mengeklaim uji klinis vaksin Sinovac di Indonesia berjalan mulus.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif