Menkominfo Johnny G Plate dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam pertemuan di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan
Menkominfo Johnny G Plate dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam pertemuan di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan

Polri Siap Kawal Pembangunan Infrastruktur TIK

Nasional Kominfo polri polisi indonesia industri digital transformasi digital layanan digital
Theofilus Ifan Sucipto • 05 Mei 2021 00:20
Jakarta: Polri siap mengawal pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Program yang digarap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu diharap mempercepat migrasi ke ruang digital.
 
“Polri siap mendukung seluruh program dari Kemenkominfo untuk membangun infrastruktur TIK,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Listyo yakin infrastruktur itu mempercepat pelayanan publik yang lebih baik. Hal ini penting bagi masyarakat di wilayah terpencil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pembangunan Infrastruktur Internet Daerah Terluar Dipastikan Dipercepat
 
“Sehingga memiliki kemampuan yang sama dan fasilitas yang sama seperti masyarakat di wilayah perkotaan,” papar dia.
 
Menurut Listyo, pandemi covid-19 yang menuntut masyarakat membatasi aktivitas menjadi peluang pembangunan infrastruktur TIK. Jaringan internet yang memadai memungkinkan masyarakat tetap bekerja atau sekolah dari rumah.
 
“Dari yang biasa offline jadi online. Ini satu kebutuhan yang didukung dengan kemajuan TIK baik sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan,” ujar mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu.
 
Listyo menyebut nantinya pengawasan dan penegakan aturan di ruang digital tetap dilakukan. Dengan begitu, dunia maya betul-betul menjadi ruang yang bersih, adil, dan bermanfaat untuk menjaga keutuhan Indonesia.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menggandeng Polri mengawal pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia. Kerja sama antarlembaga menjadi keniscayaan agar program itu sukses.
 
Johnny menyebut pembangunan infrastruktur TIK menjadi ikhtiar pemerintah mempercepat migrasi ke ruang digital. Pembangunan itu kian penting lantaran jaringan internet belum merata khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif