Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id

Hari Dokter Nasional

Jokowi Sampaikan Penghormatan Tinggi kepada Seluruh Dokter

Nasional Virus Korona presiden jokowi dokter dan kesehatan
Dhika Kusuma Winata • 24 Oktober 2020 15:03
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan penghormatan tinggi kepada seluruh dokter di Hari Dokter Nasional yang jatuh pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Apalagi, dokter tak lelah berjuang menjadi garda depan penyembuhan pasien selama pandemi covid-19.
 
"Mereka tak sekadar meninggalkan rumah dan keluarga dalam waktu lama untuk berjuang melayani dan mendampingi pasien. Sebagian mereka bahkan ikut menjadi korban," ucap Jokowi melalui akun resmi Instagram @jokowi, Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Jokowi menyebut dokter selalu menjadi pelopor, penggerak, dan pejuang kemanusiaan yang mewarnai setiap zaman. Dokter selalu hadir dalam setiap perjuangan mulai dari era kebangkitan nasional, kemerdekaan, pembangunan, hingga era kekinia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti sekarang, para dokter kembali berada di garis terdepan menghadapi pandemi global covid-19. Untuk para dokter Indonesia ini, kita haturkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya," ujar Jokowi.
 
Baca: Semangat Dokter Menghadapi Pandemi Tak Boleh Kendur
 
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat jumlah dokter di seluruh wilayah yang meninggal terpapar covid-19 mencapai 136 orang (data per 15 Oktober).
 
Dari jumlah 136 dokter yang gugur, sebagian besar merupakan dokter umum. Ratusan dokter yang meninggal karena itu tersebar di 18 provinsi. Tiga wilayah dengan kematian dokter paling tinggi ialah Jawa Timur 32 dokter, Sumatra Utara 23 dokter, dan DKI Jakarta 19 dokter.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif