Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Adam Dwi

JK Minta Khotbah Masjid tak Melulu Bahas Agama

Nasional jusuf kalla
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Februari 2019 20:19
Surabaya: Wakil Presiden Jusuf Kalla menminta para ustaz tak hanya membahas agama dalam setiap khotbah di tempat ibadah. Khotib perlu juga mengajarkan generasi muda tentang ilmu pengetahuan lain.
 
"Tentu kita tidak berkhotbah dengan menakutkan saja, tidak hanya bicara tentang surga dan neraka. Tapi bagaimana kemajuan itu bisa dicapai, bagaiamana pertanian dicapai," ujar JK dalam sambutannya di acara silaturahmi kiai muda di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 23 Februari 2019.
 
Apalagi, terang dia, Indonesia memiliki 1 juta masjid dan musala. Artinya, setiap 250 orang muslim di Indonesia mempunyai masjid atau musala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: DMI Tegaskan Masjid Harus Bebas Aktivitas Politik
 
Dia menilai itu hal tersebut luar biasa. Terlebih, bila khotbah-khotbah di Masjid bisa memberi tambahan pengetahuan bagi umat.
 
"Kita atur khotbahnya, bisa jadi pesantren mini," kata dia.
 
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu mengusulkan sebesar 60 persen khotbah berkaitan dengan agama, dan 40 persen pengetahuan umum. Misalnya, soal kesehatan, dan pendidikan.
 
Baca Juga: DMI Bakal Fokus Membina Sumber Daya Masjid
 
Khotib, kata dia, selalu memanjatkan doa 'Robbana atina fiddunya hasanah' dalam akhir khotbahnya. Artinya, lanjut dia, kemajuan dunia dan akhirat beriringan.
 
Karena itu, kiai muda diminta bisa mengubah cara berkhotbah para pemimpin sebelumnya di setiap pondok pesantren. Para kiai muda harus memiliki pengetahuan yang luas, tidak hanya soal agama.
 
"Nah jadilah kita semua bersyukur bisa suatu hal tarsebut," ujar dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif