Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati. Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati. Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Badai Siklon Tropis Diprediksi Terjadi Siang Ini

Nasional cuaca ekstrem cuaca buruk
Ilham Pratama Putra • 09 Mei 2019 04:58
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) memprediksi adanya badai siklon tropis pada Kamis, 9 Mei 2019. Masyarakat diimbau waspada.
 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan badai diperkirakan akan terjadi di kawasan timur Indonesia terutama di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Maluku Utara pada pukul 13.00 WIB. Kawasan tersebut sebelumnya telah ditemukan bibit badai siklon tropis dengan kecepatan angin mencapai 20-30 knot yang bertekanan minimum 1.000 hektopascal.
 
"Hingga Rabu malam ini, bibit siklon tropis dengan kode 93 S berada di laut Banda di sekitar Maluku Tenggara bagian barat," Kata Dwikoritadi gedung BMKG, Jakarta Pusat, Rabu 8 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebutkan hal tersebut berupa pertanda ancaman cuaca ekstrem. Menurutnya bibit badai ini bisa menjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang.
 
"Bibit badai yang sedang terjadi ini bisa menyebabkan Kecepatan angin hingga 48 kilometer per jam," katanya.
 
Sementara itu badai siklon tropis juga mempengaruhi tinggi gelombang. Laut Banda bagian selatan, Perairan kepulauan sermata-kepulauan Letti dan Laur Arafura bagian barat akan naik 4-6 meter.
 
Sementara gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Ambon, perairan selatan Kepulauan Kei. Lalu, Kepulauan Aru, Perairan Utara Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian timur, serta Perairan barat Yos Sudarso.
 
"Transportasi laut di sekitar daerah terdampak bibit badai diperkirakan akan terganggu sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati," kata Dwikorita.
 
BMKG juga mengingatkan potensi bencana lain pada wilayah terdampak badai siklon tropis. Diantaranya, hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, hingga banjir bandang di sekitar wilayah yang terkena badai siklon tropis.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif