Beda CVR dan FDR dalam Kotak Hitam Pesawat
Kotak hitam (black box) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 berada dalam kotak penyimpanan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta: Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan telah menemukan kotak hitam pesawat Lion Air JT610 PK-LQP di dasar laut perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Namun penemuan tidak secara utuh melainkan hanya satu dari dua komponen dalam kesatuan kotak hitam.

Normalnya kotak hitam pesawat terdiri dari dua komponen yakni cockpit voice recorder (CVR) dan flight data recorder (FDR). CVR menyimpan data percakapan di kokpit pesawat, FDR merekam seluruh kegiatan di dalam pesawat selama penerbangan.

"Karena yang ditemukan itu bentuknya silinder, lebih bulat, biasanya ini CVR. Tapi karena KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) juga ragu apakah ini CVR atau FDR kita tunggu saja sampai terbuka dan diunduh semua datanya," ungkap Pengamat Penerbangan Ruth Hannah Simatupang dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 2 November 2018.


Ruth mengatakan kendati berada dalam satu kesatuan, CVR dan FDR memiliki fungsi berbeda. Secara umum CVR hanya merekam pembicaraan dan suasana di kokpit pesawat. Sedangkan FDR memuat keseluruhan data selama penerbangan termasuk bagaimana posisi pesawat saat jatuh.

Menurut Ruth, bentuk FDR umumnya hampir sama hanya saja ada yang lebih panjang, disatukan, bahkan dipasang terpisah. Secara aturan FDR paling tidak harus memuat sembilan elemen data yang harus direkam dan disimpan.

"Mulai dari pesawat zaman dulu sampai yang paling canggih biasanya FDR itu memuat data kecepatan, ketinggian, temperatur, posisi kepakan sayap yang kecil, posisi sayap, sampai dengan pergerakan kiri kanan pesawat," ungkapnya.

Tak cuma itu, Ruth mengatakan data-data terkait masalah atau kejanggalan yang dialami pesawat selama penerbangan juga akan terekam oleh FDR. Misalnya pada detik ke sekian berapa kecepatan, ketinggian, temperatur, dan pergerakan pesawat untuk kemudian dicocokkan dengan CVR yang merekam suara.

"FDR itu lebih detail dari CVR karena bisa memuat sampai ribuan parameter. Kalau CVR hanya merekam percakapan dan suara-suara di kokpit yang tersambung dengan empat mikrofon pada headset pilot dan kopilot," jelasnya.





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id