Alasan Kotak Hitam Wajib Ditemukan

31 Oktober 2018 12:31 WIB
Lion Air Jatuh
Alasan Kotak Hitam Wajib Ditemukan
Sejumlah benda yang diduga kursi pesawat LIon Air JT610 yang dikumpulkan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Foto: AFP/Adek Berry)
Jakarta: Berbagai spekulasi terus bermunculan terkait sebab jatuhnya pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Satu di antaranya adalah masalah pada kemudi yang diduga menyebabkan pesawat gagal melanjutkan penerbangan.

Mantan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi menilai tak ada salahnya untuk berspekulasi. Namun, jangan sampai hal itu dijadikan rujukan apalagi bahan untuk menyimpulkan penyebab kecelakaan.

"Keseluruhan pertanyaan yang mungkin masyarakat ingin tahu itu hanya akan bisa dijawab oleh black box (kotak hitam). Di dalamya ada namanya cockpit voice recorder dan flight data recorder," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Rabu, 31 Oktober 2018.


Tatang mengatakan kotak hitam menyimpan semua informasi tentang pembicaraan dan suasana baik di kokpit, kabin, termasuk perubahan pesawat selama penerbangan. Karenanya tak bisa ditawar, kotak hitam wajib ditemukan.

"Semua akan terekam dan terbuka sehingga kalau ada masalah yang dipertanyakan black box-nya harus ketemu dulu nanti baru bisa diuraikan," ungkapnya.

Tak hanya data utama, kotak hitam juga akan mengungkap secara detail posisi pesawat saat jatuh berikut dengan imbasnya. Hasil itu kemudian akan dibandingkan dengan serpihan yang telah dikumpulkan untuk menentukan bagian pesawat sebelah mana yang jatuh terlebih dulu

"Kalau perlu sekali (bisa) direkonstruksi. Tapi dengan menganalisis serpihan dan lekuk metalnya saja kita akan bisa menyimpulkan bagaimana tekanannya. Dari situ cukup sebagai pendukung data yang dikeluarkan dari data flight recorder itu," pungkasnya.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id