Indonesia, Malaysia, dan Filipina akan Latihan Perang di Kalimantan

M Sholahadhin Azhar 08 Juni 2018 13:56 WIB
latihan militer
Indonesia, Malaysia, dan Filipina akan Latihan Perang di Kalimantan
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu merencanakan latihan militer bersama antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Latihan ini bakal digelar di Kalimantan.

"Saya yang rencanakan dilaksanakan setelah Lebaran," kata Ryamizard di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.

Latihan bersama ini, kata dia, untuk melengkapi penguatan ketahanan regional yang telah disepakati ketiga negara. Bidang maritim diperkuat melalui skema trilateral. Udara juga telah diperkuat dengan kerja sama drone.


"Nah, kan darat belum karena darat itu sangat menentukan jadi kita lokalisir (dengan latihan bersama)," jelas Ryamizard.

Hal ini, kata dia, mencegah insiden-insiden seperti yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu. Semua pihak diminta mendukung latihan bersama ini. Jika tidak, Ryamizard meyakini teror akan merebak.

"Kita semua harus mendukung, kalau ditahan-tahan ini akan terjadi lagi. Dua tahun lalu kegiatan mereka enggak gitu, sekarang meluas dari Sabang sampai Marauke," jelas dia.

Baca: Pesawat Tempur TNI AU RI dan Singapura Latihan di Pekanbaru

Malaysia dan Filipina, kata Ryamizard, sudah menyetujui latihan bersama ini. Kalimantan pun dipilih mengingat pulau tersebut adalah perbatasan antara ketiga negara.

"Ya, deket-deket sajalah, Kalimantan," kata dia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Puskom Publik Kemhan) Brigjen TNI Totok Sugiharto menambahkan latihan militer bersama ini akan merangkul banyak pihak. Ketiga matra TNI bakal dilibatkan.

"Di antaranya ya pasukan-pasukan khusus dari ketiga matra," sebut dia.





(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id