Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta. Dok. Istimewa
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta. Dok. Istimewa

Kapolri Optimistis Kekebalan Kelompok Segera Terbentuk

Nasional polri Virus Korona muhammadiyah pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Siti Yona Hukmana • 29 Juli 2021 12:30
Jakarta: Polri menggandeng Muhammadiyah untuk melaksanakan vaksinasi covid-19. Program ini dilakukan untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok.
 
"Kami optimis segera terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus korona," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Juli 2021.
 
Listyo mengatakan Polri sudah sejak lama bekerja sama dengan Muhammadiyah. Ada 20-27 kegiatan vaksinasi yang akan dilakukan Polri bersama Muhammadiyah di 20 wilayah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang tentunya ini akan sangat bantu dalam rangka percepatan kegiatan vaksinasi," ujarnya.
 
Listyo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, pagi tadi. Kegiatan itu merupakan kerja sama antara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Polri, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta.
 
Kegiatan vaksinasi dilakukan pada 28-29 Juli 2021. Penerima vaksin ialah pengurus PP Muhammadiyah beserta majelis, lembaga, organisasi otonom, keluarga besar Muhammadiyah, dan 1.000 masyarakat umum. Target pelaksanaan vaksinasi itu 500 orang per hari.
 
"Nanti saya juga minta seluruh Kapolda untuk melakukan kerja sama dengan seluruh rekan Muhammadiyah di seluruh wilayah. Sehingga, terbentuk kekuatan dalam rangka sinergi melaksanakan percepata vaksinasi," ungkap jenderal bintang empat itu.
 
Mantan Kapolda Banten itu mengatakan Muhammadiyah memiliki tenaga kesehatan yang mumpuni. Sehingga, bisa ikut menyediakan vaksinator.
 
"Alhamdulillah kami senang karena Muhammadiyah memiliki banyak tenaga kesehatan yang tentunya bisa kami kerja samakan dalam rangka percepatan vaksin," ucap Sigit.
 
Baca: Pemerintah Prioritaskan Distribusi Vaksin ke Sejumlah Wilayah
 
Listyo mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun telah disuntik vaksin. Prokes masih menjadi salah satu upaya mencegah penyebaran virus korona.
 
"Tetap pakai masker, jaga jarak dan ikuti aturan petunjuk terkait aturan-aturan protokol kesehatan, serta yang belum vaksin segera laksanakan vaksin," kata mantan Kabareskrim Polri itu.
 
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mukti mengungkapkan kerja sama vaksinasi bersama Polri dilaksanakan di lebih dari 20 provinsi. Antara lain, Kalimantan Barar (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Jakarta.
 
"Kami tentu sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Polri kepada Muhammadiyah, khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi di PP Muhammadiyah ini," kata Mukti.
 
Dalam kegiatan vaksinasi, Mukti mengatakan 76 Rumah Sakit Muhammadiyah turut dilibatkan. Tak hanya vaksin, Muhammadiyah melaksanakan penyuluhan kesehatan, konsultasi psikologi, ketahanan mental, dan spritiual.
 
"Karena pandemi bukan hanya kesehatan murni tapi banyak dampak yang ditimbulkan terutama yang berkaitan dengan kesehatan mental, spiritual, dan ekonomi. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat kita tingkatkan," ungkapnya.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif