Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

Proses Penyelenggaraan Haji Diminta Jalan Terus

Nasional Virus Korona ibadah haji
Anggi Tondi Martaon • 05 Maret 2020 16:59
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) diminta tetap melanjutkan proses penyelenggaraan haji 2020. Wabah virus korona (covid-19) tak boleh mengganggu proses persiapan pelaksanaan ibadah haji.
 
"Pelunasan setoran haji, pelaksanaan manasik haji dan kegiatan pra musim haji tetap dilakukan sebagaimana mestinya," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Kamis, 5 Maret 2020.
 
Politikus Golkar itu menyampaikan pemerintah saat ini tengah berupaya menangani virus korona. Wabah yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, itu diharapkan dapat segera diatasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus optimistis. Sehingga tidak mengganggu musim haji yang telah direncanakan," ungkap dia.
 
Baca:Korona Jangan Jadi Penghalang Haji
 
Penyelenggaraan haji akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Namun, penyelenggaraan haji itu terancam tak bisa dilaksanakan tahun ini akibat wabah virus korona. Terlebih, otoritas Arab Saudi sudah menghentikan sementara ibadah umrah sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus mematikan itu.
 
Langkah Arab Saudi itu dimaklumi Indonesia. Namun, hal itu harus ditindaklanjuti dengan langkah penanganan yang cepat dan tepat. Dengan begitu, kata Ace, penangguhan ibadah umrah bisa segera dicabut untuk Indonesia.
 
"Jika kecenderungan penanganan covid-19 ini ternyata dapat diselesaikan dengan cepat, maka sudah seharusnya pemerintah Kerajaan Arab Saudi segera untuk mencabut kebijakan itu," ujar dia.
 
Proses Penyelenggaraan Haji Diminta Jalan Terus
Grafis Medcom.id
 

(AGA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif