Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia. DOK MI
Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia. DOK MI

MUI Siapkan Aturan Agar Salat Jumat Tetap Satu Gelombang

Nasional Virus Korona PSBB New Normal
Kautsar Widya Prabowo • 03 Juni 2020 11:58
Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah menggodok panduan salat Jumat saat kenormalan baru (new normal). Ini sebagai solusi agar salat Jumat tidak digelar dua gelombang.
 
"Solusinya fasilitas tempat ibadahnya yang ditambah dan juga memperbanyak imam atau khatib salat Jumat," kata Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Najamuddin Ramli, kepada Medcom.id, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Najamuddin menegaskan pelaksanaan salat Jumat dua gelombang tidak diperbolehkan. Salat Jumat dianggap tidak sah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harusnya diganti dengan salat zuhur saja," kata Najamuddin.
 
Fatwa MUI Nomor 5/Munas VI/MUI/2009 tentang Pelaksanaan Salat Jumat Dua Gelombang menetapkan pelaksanaan salat Jumat dua gelombang atau lebih dari satu kali di tempat yang sama pada waktu berbeda, hukumnya tidak sah. Meski, ada alasan yang dibenarkan secara hukum.
 
(Baca: MUI Tak Setuju Salat Jumat Dua Gelombang)
 
MUI juga mengimbau kepada semua pimpinan perusahaan atau industri sedapat mungkin mengupayakan setiap pekerjanya yang muslim menunaikan salat Jumat. Orang Islam yang tidak dapat melaksanakan salat Jumat disebabkan adanya alasan yang dibenarkan, hanya diwajibkan melaksanakan salat zuhur.
 
"Besok (Kamis, 4 Juni 2020) kami akan keluarkan panduan salat Jumat secara rinci namun tetap dengan menggunakan Fatwa MUI itu," tutur Najamuddin.
 
Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) Jusuf Kalla menyoroti pelaksanaan salat Jumat di tengah pandemi korona. Ibadah mingguan itu tak bisa dilaksanakan satu gelombang karena antarjemaah harus menjaga jarak.
 
"Kita anjurkan untuk salat jumat dua gelombang,” kata Kalla di Jakarta, Selasa, 2 Juni 2020.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif