NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kotak Sterilisasi Disebar di Lapas dan Rutan

Nasional Virus Korona virus corona
Fachri Audhia Hafiez • 26 Maret 2020 10:57
Jakarta: Sejumlah langkah antisipasi pencegahan penularan virus korona (covid-19) dilaksanakan di lingkungan lembaga permasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan). Salah satu yang disiapkan ialah kotak sterilisasi.
 
"Saat ini lapas dan rutan sedang berproses menyediakan boks sterilisasi untuk siapa pun yang memasuki lapas dan rutan," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Rika Aprianti, kepada Medcom.id, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Menurut dia, boks sterilisasi telah beroperasi di 41 lapas dan rutan. Selain itu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) membatasi kunjungan sejak Selasa, 17 Maret 2020. Tidak ada lagi kunjungan dari kerabat kepada penghuni lapas dan rutan secara secara langsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai gantinya, lanjut Rika, fasilitas konferensi video disediakan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kebijakan ini berlaku untuk seluruh lapas, rutan, dan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) di Indonesia.
 
"Video conference melalui fasilitas WhatsApp atau Zoom atau Google Duo itu beberapa fasilitas yang dipakai oleh lapas dan rutan saat ini," beber Rika.
 
Kotak Sterilisasi Disebar di Lapas dan Rutan
 
Baca: Terdakwa Disidang Via Konferensi Video Imbas Korona
 
Sementara itu, jumlah pasien positif covid-19 di seluruh Indonesia per Rabu, 25 Maret 2020, mencapai 790 kasus. Sebanyak 31 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 58 orang meninggal akibat virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu.
 
Pasien terbanyak berada di DKI Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 472 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 290 pasien masih dirawat, sedangkan 122 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 27 orang dan meninggal 43 orang.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif