Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

1.392 Pedagang Pasar Terpapar Covid-19

Nasional Virus Korona pasar tradisional
Sri Yanti Nainggolan • 22 September 2020 15:38
Jakarta: Pedagang pasar yang terpapar virus korona (covid-19) terus meningkat. Kasus tersebut tersebar di 244 pasar yang berada di 97 kabupaten atau kota pada 27 provinsi.
 
"Total ada sekitar 1.392 pedagang pasar terpapar virus korona dengan total kasus meninggal dunia sebesar 55 (orang)," ujar Ketua Bidang Infokom DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 September 2020.
 
Jumlah pedagang yang meninggal akibat covid-19 bertambah delapan orang dari pekan lalu sebanyak 47 orang. Sedangkan, jumlah pedagang yang terpapar covid-19 bertambah 48 orang dari 1.344 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus positif ini membuat pasar harus ditutup sementara. Total ada 173 pasar yang pernah ditutup karena kasus covid-19.
 
"Penutupan pasar terakhir terjadi di Pasar Kayen, Pati, Jawa Tengah," ujar dia.
 
Reynaldi meminta pemerintah daerah (pemda) lebih fokus mengawasi protokol kesehatan dan meningkat tes usap atau rapid test di pasar. Tes covid-19 kini baru dilakukan di tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Sumatra Barat, dan DI Yogyakarta.
 
"Selain itu, kami meminta pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan stimulus kepada para pedagang dalam menjaga agar pasar tradisional tetap bertahan," ujar dia.
 
Baca: Pedagang Pasar Berharap Stimulus Ekonomi
 
Reynaldi mengatakan omzet pedagang pasar menurun 50-70 persen di masa pandemi covid-19. Sehingga, bantuan pemerintah sangat dibutuhkan agar pasar tetap bisa terus mendistribusikan pangan kepada masyarakat.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif