Jokowi Mau UIII Jadi Pusat Kemajuan Peradaban Islam

Achmad Zulfikar Fazli 05 Juni 2018 09:57 WIB
pendidikan
Jokowi Mau UIII Jadi Pusat Kemajuan Peradaban Islam
Presiden Joko Widodo di Tanwir Muhammadiyah Ambon. Foto: Biro Pers Istana.
Jakarta: Presiden Joko Widodo mau Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menjadi pusat rujukan kemajuan peradaban Islam. Apalagi, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar.

"Sudah sewajarnya, sepantasnya, Indonesia jadi rujukan kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah nanti tempatnya," kata Jokowi saat dalam peletakan batu pertama penbangunan UIII di Depok, Jawa Barat, Selasa, 5 Juni 2018.

Jokowi optimistis terhadap kemajuan kampus UIII. Melihat desain dan tata ruangnya, ia juga yakin UIII akan menjadi kampus masa depan.


"Kita berharap UIII benar-benar jadi pusat kajian, penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia," ucap dia.

Baca: Jokowi Meletakkan Batu Pertama Pembangunan UIII

Pembangunan kampus ini menghabiskan dana sekitar Rp3,5 triliun dan masuk ke proyek strategis nasional. Tahun ini, kata dia, dana Rp700 miliar sudah mulai dianggarkan. 

Pembangunan UIII diprediksi rampung selama 4 tahun. Namun, pada tahun depan, kampus ini sudah dapat digunakan. Beberapa mata kuliah sudah siap dibuka pada akhir 2019.

"Kita berharap ide-ide yang ada bisa mempercrpat hadirnya kesejahteraan umat bagi seluruh masyarakat Indonesia yang mewujudkan negeri yang baldatun toyyibatun wa ghofururrohim," jelas dia.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id