Sandiga Minta Pengelola Gedung Lebih Perhatikan Peralatan Damkar

Kautsar Widya Prabowo 08 Juli 2018 10:39 WIB
kebakarankebakaran gedung
Sandiga Minta Pengelola Gedung Lebih Perhatikan Peralatan Damkar
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di Halte Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 8 Juli 2018. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meminta pengelola gedung bertingkat lebih peduli terhadap ketersediaan peralatan pemadam kebakaran.

Sandi ingin pengelola gedung memperhatikan standarisasi ketersediaan alat untuk mencegah korban jiwa saat insiden kebakaran. 

"Kita mengimbau untuk gedung-gedung tinggi ke arah vertikal, kesiapan gedung-gedung harus dipastikan," kata Sandiaga di Halte Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 8 Juli 2018.


Sandiaga tidak ingin insiden kebakaran di Gedung Kementerian Perhubungan terulang. Kedepannya, Sandiaga juga berharap tidak ada korban jiwa lagi jika dalam insiden kebakaran di gedung bertingkat.

"Himbauan dari Pak Bejo (Kadis Damkar DKI) untuk sama-sama mendeteksi, mendata, mengidentifikasi keadaan, sehingga kita bisa mencegah musibah yang memakan korban jiwa," jelas Sandiaga.

Sebelumnya korban tewas akibat kebakaran di salah satu gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tercatat tiga orang. Catatan tersebut diperoleh hingga pukul 09.26 WIB.

"Yang meninggal tiga orang," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu di lokasi.

Roma mengatakan, ketiga korban tewas bukan karena terbakar, melainkan akibat kekurangan oksigen. Ketiga korban kini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

"Sudah dievakuasi sama petugas, yang 14 korban selamat kemungkinan akan dibawa juga ke RSCM," ucap Roma.



(DEN)