Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Syafruddin, bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Natsir - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Syafruddin, bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Natsir - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Syafruddin dan Haedar Bahas Memajukan Ekonomi Lewat Masjid

Nasional masjid muhammadiyah
Muhammad Al Hasan • 05 Juli 2018 14:47
Jakarta: Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Syafruddin, bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Natsir. Dalam pertemuan, mereka membahas masalah keumatan dan langkah-langkah memakmurkan masjid. 
 
"Kita bahas masalah keumatan, masalah bangsa dan sumber daya manusia yang kita harus lebih dalami, kita tungkan demi kemajuan bangsa Indonesia," kata Syafruddin usai pertemuan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Juli 2018.
 
Syafruddin menyebut, peran membangun umat dan negara secara historis tidak bisa lepas dari peran Muhammadiyah. Ada hampir 800 ribu masjid di Indonesia yang tak lepas dari peran Muhammadiyah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, Haedar mengatakan, ada hal penting yang menjadi fokus pertemuan. Yakni masjid sebagai motor penggerak ekonomi dan masjid sebagai media pendidikan bahkan pendidikan politik.
 
"Bagaimana menjadikan masjid sebagai institusi ekonomi, pendidikan dan kebudayaan yang bisa memajukan umat bangsa sehingga kita bisa mengatasi kesenjangan sosial yang sering jadi embrio benih-benih radikalisme," papar Haedar.
 
Haedar mengatakan, melalui masjid, bisa menggerakan ekonomi di daerah-daerah terpencil. Langkah konkret yang bisa ditempuh di antaranya memerhatikan pembangunan ekonomi dan pelayanan kesehatan hingga level daerah.
 
"Kemudian kedua, pemberdayaan ekonomi, di mana kita bikin usaha mikro kecil menengah yang itu jadi garapan Muhammadiyah. Yang ketiga pelayanan sosial kesehatan. Dan di kawasan yang belum ada masjid kita bangun masjid untuk mencerahkan, memajukan, mencerdaskan, memperdayakan umat," tukas dia. 
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif