Presiden Joko Widodo . Foto: Antara/Wahyu Putro.
Presiden Joko Widodo . Foto: Antara/Wahyu Putro.

Jokowi Ingin Bertemu Pelajar Penemu Obat Kanker

Nasional jokowi kanker
Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2019 03:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo berencana mengundang Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani, dua siswa SMAN 2 Palangkaraya penemu obat kanker dari batang kayu bajakah. Penelitian keduanya berhasil meraih medali emas di Korea Selatan.
 
"Yang penting ketemu anak-anaknya dulu. Ya kan? Seperti apa sehingga kita tahu hubungan apa yang sudah diberikan pemerintah pusat kepada para peneliti-peneliti muda ini," kata Jokowi di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Penemuan kedua siswi terbilang spektakuler. Jokowi meminta penelitian keduanya ditindaklanjuti dengan meneliti lebih jauh penemuan batang kayu bajakah yang bisa menyembuhkan kanker tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira ini sebuah riset yang dilakukan anak-anak menemukan penemuan besar. Tapi itu kan baru nanti ada tindak lanjutan menuju ke sebuah penelitian yang lebih detail," jelas Jokowi.
 
(Baca: Menkes Diminta Bantu Penelitian Penemuan Obat Kanker)
 
Sebelumnya, pelajar SMAN 2 Palangkaraya mewakili Indonesia di World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan, 28 Juli 2019. Penelitian pelajar tersebut memperoleh medali emas dibidang ilmu kesehatan.
 
Penelitian dilakukan sejak tahun 2017. Penelitian didasari oleh kearifan lokal, di mana obat batang kayu bajakah ini merupakan obat turun temurun suku Dayak di Kalimantan Tengah.
 
Dari hasil penelitian, terdapat enam senyawa aktif obat penyembuh kanker dan antioksidan dalam kayu bajakah. Enam senyawa aktif itu yakni Tanin, Flavonoid, Terpenoif , Steroid, Saponin, dan Fenolik juga antioksidan.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif