Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu perwakilan sopir KWK. Foto: Medcom.id/Dhiandra Mugni
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu perwakilan sopir KWK. Foto: Medcom.id/Dhiandra Mugni

Anies Ingin Pemprov se-Indonesia Berkolaborasi

Nasional pemerintah daerah
Medcom • 27 November 2019 17:16
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusun sejumlah program kerja kolaborasi setelah ditunjuk jadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Dia telah berkomunikasi dewan pakar dan mulai menyusun pengurus.
 
"Lalu nanti ada pelantikan, baru kemudian mulai program-program kerja," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
 
Anies menyebut program kerja kepemimpinannya sudah disepakati asosiai. Asosiasi ini, kata dia, akan memfasilitasi aspirasi pemerintah provinsi terkait rencana pembangunan daerah yang bersinergi dengan pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena lokasinya yang jauh seringkali program-program pembangunan itu tidak terintegrasi dengan baik dengan program dari pusat. Nah, lewat asosiasi ini mereka bisa diakomodasi," kata Anies.
 
Anies sendiri ingin meningkatkan perdagangan antarwilayah. Produk daerah seharusnya bisa menemukan pasar di wilayah lain Indonesia. Tak hanya itu, pemda harus bisa memanfaatkan perusahaan daerah untuk mengelola produk daerah.
 
Misalnya, mendorong BUMD mengelola komoditas dan bergabung untuk meningkatkan perdagangan di dalam kawasan Indonesia. Dia mencontohkan Jabodetabek yang banyak menyerap komoditas dari Lampung.
 
"Kita akan memulai dialog-dialog untuk antar wilayah, itu yang kita lakukan," pungkas Anies. (Dhiandra Mugni)
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif