Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Penerapan Ganjil Genap akan Diberlakukan saat Kepadatan Ekstrem

Nasional sistem ganjil genap Mudik Lebaran 2019
Candra Yuri Nuralam • 27 April 2019 10:02
Jakarta: Wacana menerapkan sistem ganjil genap saat musim mudik lebaran kembali muncul. Saat ini wacana di jalur tol utama tengah dikaji.
 
Ganjil genap akan diterapkan jika tol tidak mampu menampung kendaraan pemudik. "Itu nanti tergantung anggota di lapangan nanti jika terjadi kepadatan itu dia pakai beberapa metode-metode yang sudah disiapkan," ujar Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Jumat, 26 April 2019.
 
Namun, wacana ganjil genap buka satu-satunya jurus meredam kepadatan kendaraan pemudik. Masih ada beberapa metode, seperti buka tutup arus dan pengalihan jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencana ganjil genap hanya akan diberlakukan jika kepadatan dalam kategori ekstrem dan tidak bisa menggunakan metode buka tutup maupun pengalihan arus. Penggunaan metode ini tergantung dari petugas yang berjaga. "Aturan ini bisa saja langsung diterapkan oleh petugas yang berjaga di sana," ujar Dedi.
 
Baca: Ganjil Genap Berpotensi Diterapkan di Mudik Lebaran
 
Sebelumnya, Polri berencana menerapkan ganjil genap pada kendaraan pribadi saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. Rencananya ganjil genap diterapkan di ruas tol Jakarta-Cikampek.
 
"Ini untuk mengatur kendaraan agar tidak menumpuk di jalan tol," kata Kabag Ops Koordinator Lalu Lintas Polri Kombes Benyamin dalam konferensi pers di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.
 
Wacana ganjil genap ini dimunculkan karena ruas Jakarta-Cikampek diprediksi padat. Terlebih, pembangunan tol layang atau Elevated di ruas tersebut belum kelar pada mudik lebaran ini.
 
Wacana soal penerapan ganjil-genap berhembus pertama kali pada musim lebaran tahun 2017. Jurus ganjil genap diyakini dapat mengurangi kepadatan kendaraan seperti yang terjadi di pintu tol Brebes (Brexit) pada 2016 lalu. Namun, di detik terakhir, pemberlakuan aturan ganjil genap untuk kendaraan pribadi dalam arus mudik Lebaran 2017 dibatalkan.
 
Pembatalan penerapan aturan tersebut karena perumusan peraturan terlalu dekat dengan momen mudik. Hal itu dikhawatirkan bakal menimbulkan masalah baru.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif