Pengunjung di pintu masuk MRT. Foto: Medcom/Cindy
Pengunjung di pintu masuk MRT. Foto: Medcom/Cindy

Masyarakat Ingin Tarif MRT Serupa KRL

Nasional dki jakarta mrt
Cindy • 23 Maret 2019 20:51
Jakarta: Beberapa usulan masyarakat mengenai tarif Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengemuka. Misalnya Adiputra (34) yang berharap harga tiket MRT sama seperti Kereta Rel Listrik (KRL).
 
"Tarif kalau Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu hitungan per berapa stasiun baru nambah lagi harganya. Kayak KRL gitu," kata dia di Stasiun MRT Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Sabtu, 23 Maret 2019.
 
Hal serupa diutarakan Syeni Medianty (23). Menurutnya sistem perhitungan tarif KRL lebih terjangkau bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harapannya dari saya tarifnya Rp 5 ribu atau Rp 10 ribu per km pertama. Km berikutnya misalkan nambah Rp 1.500," ucapnya.
 
Namun tak semua berpikiran serupa. Oki (42) malah menginginkan tarif datar untuk sekali perjalanan. Yakni berkisar antara Rp. 8.500-Rp. 10 ribu, dengan alasan lebih pas di kantong.
 
Sementara seorang karyawan swasta, Arga Dipapratama (35) menganggap usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa saja diterapkan. Namun tarif dipermurah menjadi Rp 500 per km.
 
"Sekilo harusnya Rp 500. Kita kan harus kalkulasi juga biaya dari rumah ke MRT. Kecuali kalau usulan terintergrasi itu berjalan," jelasnya.
 
Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta bakal membahas putusan tarif MRT dan Light Rapid Transit (LRT) di Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) pada Senin, 25 Maret 2019.
 
Komisi B DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk mengratiskan operasional MRT bagi rakyat Jakarta selama satu tahun. Lanjutnya, rekomendasi tarif dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah disetujui pihaknya.
 
"Kita setuju dengan perhitungan Pemprov, hitungan subsidi 10 ribu sampai 6 ribu. Tapi rekomendasi kita itu diberlakukan untuk nanti di 2020, khusus untuk warga DKI," terang Ketua Komisi B DPRD, Abdurrahman Suhaimi.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif