Politisi PSI Tsamara Amany. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
Politisi PSI Tsamara Amany. (Foto: MI/Mohamad Irfan)

Milenial Butuh Ibu Kota Ramah Lingkungan

Nasional pemindahan ibukota
M Sholahadhin Azhar • 15 Mei 2019 07:33
Jakarta: Kajian mengenai ibu kota baru tak bisa dipisahkan dari telaah mengenai lingkungan. Isu tersebut menjadi fokus dari generasi muda yang sebagian besar menyadari bahaya kerusakan lingkungan.
 
"Saya kira milenial juga membutuhkan ibu kota yang ramah lingkungan," kata Politisi PSI Tsamara Amany di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Menurutnya, Jakarta saat ini tak bisa dibilang ideal untuk milenial. Mengingat generasi muda membutuhkan ruang yang luas untuk berkreasi. Sementara di Jakarta, hal tersebut tak maksimal tersedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ruang terbuka hijau atau RTH juga tak mencakup 30 persen dari total wilayah Jakarta. Ruang untuk berkumpul, berdiskusi antarmilenial, hanya bisa dilakukan di tempat komersil seperti kafe.
 
"Kita tidak mendapatkan space yang cukup di Jakarta," ujar dia.
 
Terkait hal teknis mengenai konsep ramah lingkungan, Tsamara juga mengusulkan pengelolaan gedung hijau di ibu kota baru. Misalnya dengan memanfaatkan panel surya untuk sebagian energi.
 
Baca juga:Pemindahan Ibu Kota Memengaruhi 9 UU
 
Juru bicara milenial Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ilham Akbar Mustafa menambahkan, ketersediaan ruang bisa dijamin melalui cetak biru yang komprehensif. Zonasi ibu kota baru harus diatur sedemikian rupa supaya tak semrawut seperti Jakarta.
 
Ia memberi conth kawasan di Kemang atau Pondok Indah yang semula ditetapkan untuk pemukiman. Namun zona tersebut lambat laun menjadi kawasan perniagaan.
 
Tak bisa dipungkiri, zonasi yang tak jelas itu menjadi penyumbang keruwetan di ibu kota. Karena sudah terlanjur, hal tersebut susah dibenahi. Jika memaksa, maka biaya untuk pembenahan dipastikan menggerus APBD secara signifikan.
 
Ilham menyebut langkah pemindahan harus mengedepankan zonasi. Ia optimistis hal tersebut bisa dicapai pemerintah.
 
"Karena membangun daerah dari nol itu relatif lebih bagus daripada membangun yang sudah jadi seperti Jakarta," sebut dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif