Jalan Tol Siap Melayani Pemudik
Diskusi soal kesiapan jalur mudik - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Hery Trisaputra Zuna, meyakinkan jalan tol sudah siap melayani pemudik tahun 2018. Persiapan jalan bahkan diklaim lebih matang dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Berkaitan dengan kesiapan jalan tol, tahun ini dirasakan relatif lebih siap daripada tahun-tahun sebelumnya," kata Hery dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Juni 2018. 

Hery mengatakan jalan tol sepanjang 760 kilometer yang menghubungkan Jakarta - Surabaya bisa dilalui pemudik. 520 kilometer jalan tersebut sudah operasional, 235 kilometer dioperasikan secara fungsional. 


Dengan kesiapan jalan tol ini, Hery berharap, tak terjadi penumpukan kendaraan selama musim mudik mendatang. Pihaknya juga sudah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi antrean kendaraan di pintu-pintu tol. 

"Titik-ritik rawan kemacetan seperti di pintu tol diantasipasi dengan penyediaan mobile reader, jadi pengemudi bisa melakukan taping di kendaraan. Diharapkan antrean di gerbang tol bisa diurai," imbuh dia. 

Terakhir, Hery mengingatkan, kepada para pengemudi agar mempersiapkan saldo uang elektronik dari jauh-jauh hari. Pasalnya pembayaran tarif tol saat ini dilakukan dengan transaksi uang elektronik. 

"Untuk uang elekteonik batasan dari BI sudah ditingkatkan menjadi Rp2 juta. Tarif tol untuk Jakarta-Surabaya kurang lebih Rp352 ribu, jadi tak ada masalah," kata dia. 





(REN)