Kecelakaan Lion Air JT610

Lion Air PK-LQP Memiliki Dua Black Box

Husen Miftahudin 01 November 2018 14:33 WIB
Lion Air Jatuh
Lion Air PK-LQP Memiliki Dua <i>Black Box</i>
Suasana konferensi pers penanganan kecelakaan pesawat Lion Air JT610. Foto: Medcom.id/Husein Miftahudin.
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ‎menyebut pesawat Lion Air PK-LQP memiliki dua unit kotak hitam alias black box. Namun, baru satu yang berhasil ditemukan.
 
Kotak hitam tersebut memiliki fungsi flight data recorder (FDR) atau merekam aktivitas secara audio di dalam pesawat selama perjalanan. Sementara, satu kotak hitam lainnya yakni voice cockpit recorder (VCR) berfungsi untuk merekam percakapan antara pilot dan petugas Air Traffic Controller (ATC).
 
"Ini baru satu ditemukan dan diharapkan satu lagi bisa ditemukan. Selanjutnya informasi bisa menjadi hal detail kita beri kesempatan kepada KNKT untuk penelitian," ujar Budi di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Baca: Kepala Basarnas: Black Box tak Utuh

Budi mengapresiasi tim yang telah menemukan black box pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 itu. Dia berencana mendatangi Pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat penemuan kotak hitam tersebut.
 
"‎Kami mengapresiasi para tim Basarnas dan TNI yang ada di lapangan. Ada satu anggota TNI yang mendapatkan black box, elemen tersebut akan dibawa ke Tanjung Priok," pungkasnya.
 
Pesawat Lion Air PK-LQP rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018, sekitar pukul 06.32 WIB. Saat kejadian, pesawat mengangkut total 189 orang. Sebanyak 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dua bayi, dua pilot, dan enam flight attendant (FA) berada dalam pesawat tersebut.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id