NEWSTICKER
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB. Foto: BNPB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB. Foto: BNPB

125 Ribu Alat Rapid Test Didistribusikan ke Sejumlah Wilayah

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 23 Maret 2020 16:58
Jakarta: Pemerintah bakal mendistribusikan alat tes cepat atau rapid test ke sejumlah wilayah. Sudah ada 125 ribu rapid test dari total satu juta yang dipesan pemerintah untuk mendeteksi virus korona (covid-19).
 
"Sebanyak 125 ribu ini untuk diagnostic test, alat pemeriksaan tepat sebagai bagian dari screening, untuk menemukan kasus positif di tengah masyarakat," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.
 
Pemerintah sudah melakukan rapid test di Jakarta Selatan pada Sabtu, 21 Maret 2020. Yurianto mengeklaim mayoritas orang yang diperiksa negatif korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, ini bukan jaminan bahwa yang bersangkutan tidak sedang sakit, karena kita ketahui pemeriksaan tes ini adalah berbasis pada teknologi untuk mengukurnya," jelas dia.
 
Baca: Update 23 Maret 2020: Positif Covid-19 Jadi 579 Orang, 49 Meninggal
 
Yurianto mengatakan hasil negatif bisa disebabkan virus belum melewati masa inkubasi. Sehingga warga harus melakukan rapid test kembali pada hari ketujuh atau kesepuluh.
 
"Manakala hasil pemeriksaan kedua ini tetap negatif kita bisa menyimpulkan saat ini sedang tidak terinfeksi. Tetapi ingat, kita tak mempunyai kekebalan tubuh untuk tidak terinfeksi. Oleh karena itu sikap hati-hati menjadi penting," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif