Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

31 Kabupaten/Kota Menuju Zona Risiko Rendah

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 02 Juli 2020 05:00
Jakarta: Sebanyak 31 kabupaten/kota dengan zona risiko virus korona (covid-19) sedang menuju zona risiko rendah. Tren positif itu tersebar di seluruh Indonesia.
 
“Ini perlu kita apresiasi karena cukup banyak daerah yang bergerak menuju zona risiko yang lebih baik lagi,” kata Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Dewi mengatakan 31 wilayah itu berada di 19 provinsi mulai dari Aceh hingga Papua. Adapun beberapa kabupaten/kota yang menunjukkan tren positif ini antara lain Aceh Utara, Bandung, Probolinggo, Belitung, Jayawijaya, dan Wakatobi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ada tujuh wilayah yang akan beralih dari zona risiko rendah ke zona hijau atau tidak ada kasus. Yakni Bengkulu Selatan, Bengkulu dan Kaur, Bengkulu; Sukamara, Kalimantan Tengah; serta Way Kanan dan Kota Metro, Lampung.
 
“Juga Kepulauan Meranti, Riau, dan Kota Sawahlunto, Sumatra Barat,” ujar Dewi.
 
Dewi mengatakan ada 19 kabupaten/kota yang akan beralih dari zona dengan risiko tinggi ke risiko sedang. Antara lain Semarang, Jawa Tengah; Kota Gorontalo, Gorontalo; Lamandau, Kalimantan Tengah; serta Kota Jayapura, Papua.
 
Baca: Zona Hijau Covid-19 Menurun, Pemda Diminta Perketat Protokol Kesehatan
 
Dewi mengingatkan perkembangan kasus covid-19 masih sangat dinamis. Sebuah daerah bisa berubah zonasi yang lebih baik atau buruk dalam waktu singkat.
 
“Artinya kita semua harus siap siaga dan meyakini perilaku kita menentukan apa yang terjadi di kemudian hari,” tutur Dewi.
 

(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif